Pemetaan SK-KD Sosiologi

Standar

 

 


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

 

Satuan Pendidikan        :  SMA

Mata Pelajaran              : Sosiologi.

Kelas / Semester            : XI/1

Tahun Pelajaran            : 2011 / 2012

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tahapan berpikir

Indikator Pencapaian Kompetensi

Tahapan berpikir

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi

Waktu

1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial

 

1.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.

 

 
  • Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
  • Mendeskripsikan diferensiasi sosial.
  • Mendeskripsikan stratifikasi sosial.
  • Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
  • Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
  • Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat di masyarakat.
  • Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.

 

 
  • Struktur sosial dan Diferensiasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Stratifikasi sosial.

 

1

12 jam

  1.2.Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat.  
  • Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial
  • Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
  • Membedakan konflik dengan kekerasan
  • Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.
  • Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
  • Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial.
 
  • Konflik sosial

 

2

9 jam

  1.3.Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.  
  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
  • Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
  • Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
  • Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
  • Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
  • Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
  • Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial.
  • Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
 
  • Hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.

2

9 jam

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMAN  2  Banjarbaru

 

 

 

 

( Drs. H. Khairil  Anwar, M.Pd)

  NIP. 19591205  198603 1 014

  Banjarbaru, 18  Juli  2 011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

 

(  Diana  Andayani,S.Pd  )

NIP. 19771020  200701 2 020

 


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

 

 

Satuan Pendidikan        : SMA

Mata Pelajaran              : Sosiologi.

Kelas / Semester            : XI/2

Tahun Pelajaran            : 2011 -2012

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tahapan berpikir

Indikator Pencapaian Kompetensi

Tahapan berpikir

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi

Waktu

2. Menganalisis kelompok sosial dalam dampak masyarakat multikultural.

 

2.1.Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural.

 

 

 

 
  • Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
  • Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
  • Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
  • Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.

 

 
  • Kebudayaan

2

9 jam

  2.2.Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.  
  • Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
  • Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
  • Membedakan konflik dengan kekerasan
  • Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.

 

 
  • Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

 

2

9 jam

  2.3.Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.  
  • · Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
  • Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
  • · Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
  • · Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
  • · Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.
  Masyarakat Multikultural

2

9 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMAN  2  Banjarbaru

 

 

 

 

( Drs. H. Khairil  Anwar, M.Pd)

  NIP. 19591205  198603 1 014

  Banjarbaru, 18  Juli  2 011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

 

(  Diana  Andayani,S.Pd  )

NIP. 19771020  200701 2 020

 

 

 

 


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

 

Satuan Pendidikan        : SMA

Mata Pelajaran              : Sosiologi.

Kelas / Semester            : XII/1

Tahun Pelajaran            : 2011 -2012

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tahapan berpikir

Indikator Pencapaian Kompetensi

Tahapan berpikir

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi

Waktu

1.Memahami dampak perubahan sosial 1.1.Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.

 

 
  • Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
  • Memberikan contoh faktor pendorong Perubahan Sosial.
  • Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.

 

 
  • Perubahan sosial

 

 

3

9 jam

   

1.2.Menganalisis

dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat.

   

  • Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial.
  • Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
  • Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa
   

  • Dampak Perubahan Sosial

 

 

 

3

 

9 jam

2. Memahami Lembaga Sosial

 

2.1 Menjelaskan hakekat lembaga sosial  
  • Mendeskripsikan konsep lembaga social
  • Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
  • Menganalisis pengaruh perubahan terhadap pembentukan lembaga sosial

 

  LEMBAGA SOSIAL YANG TERDAPAT DI MASYARAKAT

Pengertian Lembaga Sosial

Proses pembentukan lembaga sosial

 

4

3 jam

  2.2 Mengklasifikasi tipe-tipe lembaga sosial  
  • Mengidentifikasi karakteristik lembaga sosial di masyarakat
  • Mendeskripsikan tipe dan hubungan antar lembaga sosial di masyarakat
  • Menganalisis efisiensi dan efektifitas dari adanya hubungan antar lembaga sosial di masyarakat.

 

  TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL DI MASYARAKAT

Tipe lembaga sosial

berdasarkan politik

Tipe lembaga sosial berdasarkan ekonomi

Tipe lembaga sosial berdasarkan budaya

Tipe lembaga sosial berdasarkan hukum

 

 

4

9 jjam

  2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial  
  • Mendeskripsikan berbagai peran dan fungsi lembaga
  • sosial berdasarkan studi literatur dan studi lapangan
  • Menguraikan adanya penyesuaian kembali terhadap peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat
  • Mendeskripsikan berbagai kegiatan lembaga sosial dalam mewujudkan peran dan fungsinya di masyarakat
  • Menganalisis eksistensi lembaga sosial dalam menghadapi berbagai perubahan lokal, nasional dan global
  PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA SOSIAL

Peran lembaga sosial di masyarakat

• Fungsi lembaga sosial di masyarakat

 

 

4

3 jam

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMAN  2  Banjarbaru

 

 

 

 

( Drs. H. Khairil  Anwar, M.Pd)

  NIP. 19591205  198603 1 014

  Banjarbaru, 18  Juli  2 011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

 

(  Diana  Andayani,S.Pd  )

NIP. 19771020  200701 2 020

 


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

 

 

Satuan Pendidikan        :   SMA

Mata Pelajaran              :   Sosiologi.

Kelas / Semester            :   XII/2

Tahun Pelajaran            :   2011 – 2012

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tahapan berpikir

Indikator Pencapaian Kompetensi

Tahapan berpikir

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi

Waktu

2.Mempraktekkan metode penelitian sosial 2.1.Merancang metode penelitian sosial secara sederhana.

 

 

 
  • Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
  • Menentukan topik atau judul penelitian.
  • Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.
 
  • Penelitian Sosial.

4

6 jam

  2.2.Melakukan penelitian sosial.  
  • Menjelaskan arti pengumpulan data
  • Menjelaskan cara-cara pengumpulan data.
  • Melaksanakan penelitian secara sederhana.
  • Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data.
  • Mendeskrispsikan jenis hubungan data.
 
  • Penelitian Sosial

 

4

 

9 jam

  2.3.Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana.  
  • Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
  • Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.
 
  • Penelitian sosial

4

9 jam

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMAN  2  Banjarbaru

 

 

 

 

( Drs. H. Khairil  Anwar, M.Pd)

  NIP. 19591205  198603 1 014

  Banjarbaru, 18  Juli  2 011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

 

(  Diana  Andayani,S.Pd  )

NIP. 19771020  200701 2 020

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s