Silabus Sosiologi

Standar

SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Nama Sekolah             : SMA  Negeri 2 Banjarbaru

Mata Pelajaran           : Sosiologi

Kelas/Program                        : XI/Ilmu Sosial

Semester                     : 1 (satu)

Standar Kompetensi    : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial

 

Kompetensi Dasar

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi pokok/

pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Wkt

Sumber/bahan/alat

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

1.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“  Toleransi

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Bersahabat

“  Cinta Damai

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

 

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
  • Mendeskripsikan diferensiasi sosial.
  • Mendeskripsikan stratifikasi sosial.
  • Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
  • Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
  • Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat di masyarakat.
  • Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

  • Struktur sosial dan Diferensiasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Stratifikasi sosial.

 

  • Secara individu mengamati diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
  • Secara individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
  • Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.

 

  • Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
  • Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
  • Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masyarakat.
  • Secara individu mengklasifikasikan konsolodasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.
 Penugasan

 

 

 

 

 

 

Test berbicara dan tertulis

 

 

 

Test berbicara dan keberanian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ulangan Blok

Penugasan

Tugas Individu

 

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kliping

 Amatilah masyarakat di sekitar lingkunganmu kemudian buatlah sebuah laporan tertulis!

 

Bacalah artikel yang ada dalam buku halaman 14 kemudian diskusikan dengan teman-temanmu!

 

Diskusikan artikel tentang Nobel Perdamaian untuk Kaum Papa dalam kelompokmu. Menurutmu bagaimana interaksi sosial antara anggota masyarakat yang berbeda strata sosial diIndonesia?

 

Buatlah kliping tentang stratifikasi sosial dan buatlah laporan tentang perbedaan prilaku di antara kelas-kelas sosial.

 

 

12 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9 jam

Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XI Kun Maryati  dan Juju Suryawati (ESIS)

 

 

 

Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa

 

 

 

 

Kamus Sosiologi

 

 

 

Koran, majalah, TV, internet.

 

 

1.2.Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat. “  Toleransi

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Bersahabat

“  Cinta Damai

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

 

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial
  • Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
  • Membedakan konflik dengan kekerasan
  • Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.
  • Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
  • Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial.
  • Konflik sosial
 
  • Secara berkelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat.
  • Berdiskusi secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat.
  • Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan.
  • Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan.
  • Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat.
  • Secara kelompok mensimulasikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat..
Test tertulis dan berbicara

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

Test tertulis dan latihan berbicara.

 

 

 

 

 

 

 

Performans

 

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

Individu

 

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelompok.

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusikan berbagai konflik yang terjadi dalam masyarakat dewasa ini. Apa saja penyebab terjadinya konflik tersebut. Bagaiman cara menyelesaikan konflik tersebut?

 

Buatlah kliping dan berilah komentar tentang kliping tersebut.

 

Diskusikan kasus-kasus yang terjadi dalam masyarakat yang menyebabkan terjadinya konflik social. Dan apa saja factor penyebab terjadinya konflik social?

 

Buatlah scenario terjadinya kasus atau konflik dalam masyarakat kemudian simulasikan di depan kelas. Skenario bisa berdasarkan artikel yang ada dalam koran atau buku.

9 jam Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XI Kun Maryati  dan Juju Suryawati (ESIS)

 

 

 

 

 

Artikel dari koran dan internet

 

 

Kamus Sosiologi

 

Masyarakat setempat

 

 

 

 

Data instansi/lembag

 

 

1.3.Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. “  Toleransi

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Bersahabat

“  Cinta Damai

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

 

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
  • Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
  • Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
  • Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
  • Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
  • Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
  • Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial.
  • Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.

 

  • Hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
    • Secara klasikal mengamati visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial.
    • Mendiskusikan secara kelompok tentang pengamatan visual.
    • Menyimpulkan hasil diskusi visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
    • Secara individu mengkaji dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakatkotamelalui visual yang ditayangkan.
    • Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial.
Penugasan

 

 

 

Test tertulis dan lisan

 

 

Performance

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Ulangan blok

Individu

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

Wawancara

 

 

 

 

 

Karangan atau tulisan

 

 

 

Pilihan ganda dan uraian

Apa yang dimaksud dengan gerak social?

 

Diskusikan factor-faktor pendorong terjadinya mobilitas!

 

Wawancarailan tokoh masyarakat di sekitar rumah atau lingkungan tentang mobilitas social.

 

Buatlah sebuah tulisan tetang dampak mobilitas bagi masyarakat di lingkungan sekitarmu!

Transmigrasi dan urbanisasi merupakan gerak sosial….

  1. antargenerasi
  2. intragenerasi
  3. vertical
  4. geografis
  5. horizontal

 

Apa saja saluran-saluran mobilitas sosial?

9 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XI  Kun Maryati  dan Juju Suryawati (ESIS)

 

Artikel dari koran dan internet

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar, foto, CD,

 

 

 

 

 

 

 

Masyarakat setempat

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMAN 2 Banjarbaru

 

 

 

( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd )

NIP. 19591205 198603  1 014

  Banjarbaru,18 Juli  2011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

( Diana  andayani,S.Pd )

NIP.19771020 200701 2 020

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Banjarbaru

Mata Pelajaran           : Sosiologi

Kelas/Program                        : XI/Ilmu Sosial

Semester                     : 2 (dua )

Standar Kompetensi    : Menganalisis kelompok sosial dalam dampak masyarakat multikultural.

 

Kompetensi Dasar

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi pokok/

pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Waktu

Sumber/bahan/alat

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

2.1.Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural.

 

 

 

“  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Bersahabat

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

 

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
  • Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
  • Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
  • Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.

 

 

 

 

  • Kebudayaan
    • Secara individu menggali informasi tentang kebudayaan yang ada dalam masyarakat tempat tinggalnya.
    • Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri- ciri kebudayaan.
    • Secara berkelompok mendiskusikan kebudayaan di daerahnya.
 

 

 

 

 Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Test tertulis dan keberanian berbicara

 

 

Ulangan blok

 

 

Tugas individu

 

 

 

 

 

 

 

Tugas kelompok

 

 

 

 

Pilihan Ganda dan uraian.

 Wawancarailah tokoh masyarakat di tempat tinggalmu tentang budaya asli masyarakatmu! Kemudian buatlah dalam bentuk laporan.

 

Bagilah kelompok kemudian diskusikan masalah kebudayaan yang ada dalam buku halaman 128-129.

 

Pancasila termasuk dalam wujud kebudayaan….

  1. a.        traits
  2. cultural activity
  3. konkret
  4. d.        items
  5. abstrak

Apa yang Anda ketahui tentang kebudayaan?

9 jam

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XI Kun Maryati  dan Juju Suryawati (ESIS)

 

 

Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa

 

 

2.2.Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. “  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Bersahabat

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

 

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
  • Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.

 

  • Membedakan konflik dengan kekerasan
  • Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.

 

 

 

 

 

 

  • Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

 

  • Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsaIndonesiabagian barat, tengah dan timur.
  • Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa diIndonesiabagian barat, tengah dan timur.
  • Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Test berbicara dan berargumentasi

 

 

Ulangan Blok

 

 

 

 

 

 

Tugas Individu

 

 

 

 

 

 

 

Tugas kelompok

 

 

 

 

 

Pilihan ganda dan uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

Amatilah kelompok sosial dalam masyarakat di tempat tinggalmu kemudian buatlah sebuah laporan tentang kelompok masyarakat tersebut.

 

Buatlah kelompok kemudian diskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial!

 

Genosida merupakan contoh pola hubungan….

  1. dominasi
  2. akulturasi
  3. paternalisasi
  4. integrasi
  5. pluralisme

Apa yang dimaksud dengan kelompok sosial?

9 jam Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XI Kun Maryati  dan Juju Suryawati dari (ESIS)

 

 

 

Artikel dari koran dan internet

 

 

Kamus Sosiologi

 

Masyarakat setempat

 

Data instansi/lembaga

 

2.3.Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. “  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Bersahabat

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

 

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
  •  Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
  • Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
  • Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
  • Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.
Masyarakat Multikultural
  • Menggali berbagai informasi tentang pengertian masyarakat multikultural dan pengertian multikulturalisme
  • Menggali dari berbagai sumber belajar tentang faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
  • Menjelaskan sikap yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural.
  • Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
  • Secara kelompok mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial.

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

Test berbicara dan tertulis

 

 

 

 

 

Ulangan Blok

 

 

 

 

 

 

 

 

Portofolio

 

 

 

 

 

 

Tugas kelompok

 

 

 

 

 

Tugas kelompok

 

 

 

 

 

Pilihan ganda dan uraian

 

Tulislah pendapatmu tentang masyarakat multikulturalisme  kemudian kirimlah ke majalah sekolah, majalah remaja, atausuratkabar di daerahmu!

 

Rancanglah sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan penilaian Anda terhadap multikulturalisme!

 

Diskusikanlah artikel yang ada dalam buku halaman 172-173.  Kemudian bacakan hasil diskusi di depan kelas.

 

Pluralisme berkaitan dengan prinsip-prinsip….

  1. ekonomi
  2. statistik
  3. demarkasi
  4. demokrasi
  5. politik

 

Bagaimana kebenaran dipahami dalam multikulturalisme?

 

9 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XI Kun Maryati  dan Juju Surayawati (ESIS)

 

 

Artikel dari koran dan internet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     
Mengetahui,

Kepala SMAN 2 Banjarbaru

 

 

 

 

( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd )

NIP. 19591205 198603  1 014

  Banjarbaru,18 Juli  2011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

 

( Diana  andayani,S.Pd )

NIP.19771020 200701 2 020

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Nama Sekolah             : SMAN 2 Banjarbaru

Mata Pelajaran           : Sosiologi

Kelas/Program                        : XII/Ilmu Sosial

Semester                     : 1 (satu)

Standar Kompetensi    : Memahami dampak perubahan sosial

 

Kompetensi Dasar

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi pokok/

pembelajaran

Kegiatan Pembelaajran

Penilaian

Waktu

Sumber/bahan/alat

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

1.1.Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
  • Memberikan contoh faktor pendorong Perubahan Sosial.
  • Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.

 

 

 

 

 

  • Perubahan sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Menggali informasi dari berbagai sumber belajar/pengamatan di lapangan tentang berbagai perubahan sosial/budaya.
  • Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial.
  • Secara klasikal menggolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai kasus yang diperoleh dari masyarakat.
  • Menggali secara individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial.
  • Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial.
  • Secara individu mencari contoh kasus tentang faktor penghambat perubahan sosial.
  • Secara klasikal menguraikan faktor penghambat perubahan sosial.

 

Test berbicara dan tertulis

 

Portofolio

 

 

 

 

 

Performance

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

Tugas individu

 

 

 

 

Tugas kelompok

 

 

 

 

 

Tugas Individu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusikan kasus perubahan sosial dalam buku halaman 10.

 

Buatlah sebuah karangan tentang perubahan sosial dalam masyarakat tempat tinggalmu!

 

Potretlah perubahan sosial yang ada di sekitar lingkunganmu kemudian fotonya dipajangkan dalam pameran kelas.

 

Buatlah kliping tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat tempat tinggalmu!

 

 

 

 

 

 

 

9 jam

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XII Kun Maryati  dan Juju Suryawati (ESIS)

 

Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa

 

 

 

Kamus Sosiologi

 

 

 

 

 

Koran, majalah, TV, internet.

 

 

1.2.Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat. “  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial.
  • Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
  • Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa
  • Dampak Perubahan Sosial
 
  • Secara individu melakukan pengamatan terhadap perkembangan IPTEK, Pendidikan, sistem pemerintahan, dll, sebagai dampak perubahan sosial.
  • Secara individu menggali informasi dari berbagai sumber belajar tentang dampak perubahan sosial-budaya.
  • Secara klasikal menguraikan hasil pengamatan dari kasus dampak perubahan sosial.
  • Secara kelompok mendiskusikan contoh-contoh globalisasi.

 

 

  • Secara kelompok mengklasifikasikan contoh-contoh globalisasi yang dapat mengancam eksistensi jati diri bangsa.
  • Secara individu mengkaji kasus yang dapat menghambat terjadinya integrasi.
  • Secara individu mengemukakan gagasan untuk mengatasinya memudarnya jati diri bangsa melalui analisa kasus.
  • Secara klasikal menyimpulkan cara-cara untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.

 

Test tertulis dan berbicara

 

 

 

 

 

Portofolio

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

 

 

 

Tugas individu

 

 

 

 

 

Kliping

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusikan dampak perubahan sosial akibat modernisasi seperti dalam buku halaman  36 dan 40?

 

Buatlah sebuah karangan tentang tanggapan terhadap tantangan globalisasi yang terjadi dalam masyarakat.

 

Buatlah sebuah kliping tentang kasus-kasus yang menghambat terjadinya integrasi dalam masyarakat.

 

 

 

 

 

 

9 jam Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas X Kun Maryati  dan Juju Suryawati dari (ESIS)

 

 

Artikel dari koran dan internet

 

 

Kamus Sosiologi

 

Masyarakat setempat

 

Data instansi/lembaga

 

 

 

 

STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Lembaga Sosial

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

2.1 Menjelaskan hakekat lembaga sosial LEMBAGA SOSIAL YANG TERDAPAT DI MASYARAKAT

Pengertian Lembaga Sosial

Proses pembentukan lembaga sosial

 

“  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan atau media elektronik tentang lembaga sosial.
  •  Secara berkelompok mendiskusikan hasil temuan tentang pembentukan lembaga sosial.
  • Secara berkelompok merumuskan tentang proses-proses pembentukan lembaga sosial

 

  • Mendeskripsikan konsep lembaga social

 

  • Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial

 

  • Menganalisis pengaruh perubahan terhadap pembentukan lembaga sosial

 

Ulangan harian

Bentuk tagihan: performen

Tugas kelompok

Bentuk tagihan: Laporan tertulis

Ulangan harian

Bentuk tagihan: uraian bebas

3 jam

  • Soerjono Soekanto, Raja Grafindo Persada, 1990.
  • Sosiologi Teks dan Pengantar, J. Dwi Narwoko dan Bagong S., Prenada Media, 2004.
  • Buku-buku Sosiologi untuk kelas XII (kelas 3).
  • Bahan ajar.

LKS.

  • Beberapa Artikel download internet

 

2.2 Mengklasifikasi tipe-tipe lembaga sosial TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL DI MASYARAKAT

Tipe lembaga sosial

berdasarkan politik

Tipe lembaga sosial berdasarkan ekonomi

Tipe lembaga sosial berdasarkan budaya

Tipe lembaga sosial berdasarkan hukum

 

“  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Secara individu menggali informasi melalui literatur tentang karakteristik lembaga sosial
  • Secara berkelompok mengunjungi lembaga sosial, seperti lembaga: DPR, PENGADILAN, KADIN, Institut ekologi Dayak,untuk mengidentifikasi karakteristik dari setiap lembaga sosial yang ada di masyarakat
  • Secara kelompok merumuskan hubungan antara lembaga sosial yang terdapat di masyarakat
  • Secara klasikal mendiskusikan tipe dan hubungan lembaga sosial yang terdapat di maasyarakat

 

  • Mengidentifikasi karakteristik lembaga sosial di masyarakat

 

  • Mendeskripsikan tipe dan hubungan antar lembaga sosial di masyarakat

 

  • Menganalisis efisiensi dan efektifitas dari adanya hubungan antar lembaga sosial di masyarakat.

 

Ulangan harian

Bentuk tagihan: Analisis kasus

Tugas kelompok

Bentuk tagihan: Laporan tertulis

Tugas Kelompok

Bentuk tagihan: Performen

9 jam

  • Soerjono Soekanto, Raja Grafindo Persada, 1990.
  • Sosiologi Teks dan Pengantar, J. Dwi Narwoko dan Bagong S., Prenada Media, 2004.
  • Buku-buku Sosiologi untuk kelas XII (kelas 3).
  • Bahan ajar.

LKS.

  • Beberapa Artikel download internet

 

2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA SOSIAL

Peran lembaga sosial di masyarakat

• Fungsi lembaga sosial di masyarakat

 

 

“  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Secara kelompok menggali informasi melalui studi lapangan tentang berbagai peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat
  • Secara kelompok mengungkapkan peran dan fungsi lembaga politik dan ekonomi, budaya dari hasil studi lapangan
  • • Secara kelompok mendiskusikan eksistensi lembaga sosial dalam menyikapi berbagai tuntutan perubahan baik lokal, nasional dan global.
  • Mendeskripsikan berbagai peran dan fungsi lembaga
 

  • sosial berdasarkan studi literatur dan studi lapangan

 

  • Menguraikan adanya penyesuaian kembali terhadap peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat

 

  • Mendeskripsikan berbagai kegiatan lembaga sosial dalam mewujudkan peran dan fungsinya di masyarakat

 

  • Menganalisis eksistensi lembaga sosial dalam menghadapi berbagai

 

  • perubahan lokal, nasional dan global
Ulangan harian

Bentuk tagihan ;

Uraian bebas

Tugas kelompok

Bentuk tagihan: Laporan tertulis

Tugas kelompok

Bentuk tagihan: Portofolio

Tugas kelompok

Bentuk tagihan: Laporan tertulis

3 jam

  • Sosiologi Suatu Pengantar,
  • Soerjono Soekanto, Raja Grafindo Persada, 1990.
  •  Sosiologi Teks dan Pengantar, J. Dwi Narwoko dan Bagong S., Prenada Media, 2004.
  •  Buku-buku Sosiologi untuk kelas XII (kelas 3).
  • Bahan ajar.
  • LKS.
  •  Beberapa Artikel download internet

 

 

     
Mengetahui,

Kepala SMAN 2 Banjarbaru

 

 

 

 

 

( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd )

NIP. 19591205 198603  1 014

  Banjarbaru,18 Juli  2011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

 

 

( Diana  Andayani,S.Pd )

NIP.19771020 200701 2 020

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Nama Sekolah             : SMAN 2 Banjarabaru

Mata Pelajaran           : Sosiologi

Kelas/Program                        : XII/Ilmu Sosial

Semester                     : 2 (dua )

Standar Kompetensi    : Mempraktekkan metode penelitian sosial

 

Kompetensi Dasar

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi pokok/

pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Waktu

Sumber/bahan/alat

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

2.1.Merancang metode penelitian sosial secara sederhana.

 

 

“  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
  • Menentukan topik atau judul penelitian.
  • Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.
  • Penelitian Sosial.
  • Secara kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian.
 

  • Membuat latar belakang masalah

 

  • Mengidentifikasi maslaah

 

  • Membuat pembatasan masalah
Test tertulis dan latihan berbicara

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

Portofolio

 

 

Rumuskan secara kelompok untuk menentukan topik, perumusan masalah, dan menentukan sample serta data yang akan diperoleh.

 

Buatlah penelitian sendiri kemudian laporkan kepada guru dalma bentuk artikel atau tulisan.

 

6  jam

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XII Kun Maryati  dan Juju Surayawati (ESIS)

 

Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa

 

 

2.2.Melakukan penelitian sosial. “  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Menjelaskan arti pengumpulan data
  • Menjelaskan cara-cara pengumpulan data.
  • Melaksanakan penelitian secara sederhana.
  • Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data.
  • Mendeskrispsikan jenis hubungan data.

 

 

 

 

 

  • Penelitian Sosial

 

  • Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial.
  • Memberi tangggapan atas suatu kasus.
  • Membuat laporan kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara.
  • Secara individu melakukan pengolahan data.
  • Secara kelompok merumuskan tahap-tahap pengolahan data.
Penugasan

 

 

 

 

 

 

Performance

 

 

 

Test tertulis dan berbicara

Tugas individu

 

 

 

 

 

Tugas kelompok

 

 

 

Diskusi kelompok

Buatlah angket, dan pertanyaan untuk wawancara untuk mendapatkan data yang dipakai untuk penelitian.

 

Buatlah laporan kepustakaan, angket, observasi dan wawancara.

 

Diskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 139

 

 

9 jam Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XII Kun Maryati  dan Juju Surayawati ESIS

 

 

Artikel dari koran dan internet

2.3.Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana. “  Toleransi

“  Disiplin

“  Demokratis

“  Rasa Ingin tahu

“  Semangat kebangsaan

“  Cinta Tanah Air

“  Cinta Damai

“  Peduli Lingkungan

“  Peduli social

“  Tanggung Jawab

“  Kepemimpinan

“  Percaya diri

“  Berorientasi Tugas dan Hasil

“  Jujur

“  Ulet

  • Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
  • Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.

 

 

 

  • Penelitian sosial
  • Secara kelompok membuat laporan penelitian.
  • Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian.
Test tertulis dan performance

 

 

Ulangan Blok

 

 

 

 

Tugas kelompok

 

 

 

 

Pilihan ganda dan uraian

 

Laporkan hasil laporan tentang penelitian sosial yang telah kamu lakukan di depan kelas!

 

Daftar bacaan, contoh-contoh format, foto, atua dokumen diletakkan pada….

  1. lampiran
  2. bagian isi
  3. pendahuluan
  4. pengantar
  5. gambaran laporan

Mengapa kita harus menjaga tata tertib dalam diskusi?

9 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas XII Kun Maryati  dan Juju Surayawati (ESIS)

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMAN 2 Banjarbaru

 

 

 

 

( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd )

NIP. 19591205 198603  1 014

  Banjarbaru,18 Juli  2011

Guru mapel Sosiologi

 

 

 

 

( Diana  andayani,S.Pd )

NIP.19771020 200701 2 020

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s