SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Banjarbaru
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XI/Ilmu Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi pokok/ pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Wkt |
Sumber/bahan/alat |
||
Teknik |
Bentuk |
Contoh Instrumen |
||||||||
1.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
|
Toleransi
Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Bersahabat Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab
|
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
|
Penugasan
Test berbicara dan tertulis
Test berbicara dan keberanian
Ulangan Blok Penugasan |
Tugas Individu
Diskusi kelompok
Diskusi kelompok
Kliping |
Amatilah masyarakat di sekitar lingkunganmu kemudian buatlah sebuah laporan tertulis!
Bacalah artikel yang ada dalam buku halaman 14 kemudian diskusikan dengan teman-temanmu!
Diskusikan artikel tentang Nobel Perdamaian untuk Kaum Papa dalam kelompokmu. Menurutmu bagaimana interaksi sosial antara anggota masyarakat yang berbeda strata sosial diIndonesia?
Buatlah kliping tentang stratifikasi sosial dan buatlah laporan tentang perbedaan prilaku di antara kelas-kelas sosial.
|
12 jam
9 jam |
Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Suryawati (ESIS)
Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
1.2.Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat. | Toleransi
Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Bersahabat Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab
|
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Test tertulis dan berbicara
Penugasan
Test tertulis dan latihan berbicara.
Performans
|
Diskusi kelompok
Individu
Diskusi kelompok
Kelompok.
|
Diskusikan berbagai konflik yang terjadi dalam masyarakat dewasa ini. Apa saja penyebab terjadinya konflik tersebut. Bagaiman cara menyelesaikan konflik tersebut?
Buatlah kliping dan berilah komentar tentang kliping tersebut.
Diskusikan kasus-kasus yang terjadi dalam masyarakat yang menyebabkan terjadinya konflik social. Dan apa saja factor penyebab terjadinya konflik social?
Buatlah scenario terjadinya kasus atau konflik dalam masyarakat kemudian simulasikan di depan kelas. Skenario bisa berdasarkan artikel yang ada dalam koran atau buku. |
9 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Suryawati (ESIS)
Artikel dari koran dan internet
Kamus Sosiologi
Masyarakat setempat
Data instansi/lembag
|
|
1.3.Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. | Toleransi
Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Bersahabat Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab
|
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Penugasan
Test tertulis dan lisan
Performance
Penugasan
Ulangan blok |
Individu
Diskusi kelompok
Wawancara
Karangan atau tulisan
Pilihan ganda dan uraian |
Apa yang dimaksud dengan gerak social?
Diskusikan factor-faktor pendorong terjadinya mobilitas!
Wawancarailan tokoh masyarakat di sekitar rumah atau lingkungan tentang mobilitas social.
Buatlah sebuah tulisan tetang dampak mobilitas bagi masyarakat di lingkungan sekitarmu! Transmigrasi dan urbanisasi merupakan gerak sosial….
Apa saja saluran-saluran mobilitas sosial? |
9 jam
|
Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Suryawati (ESIS)
Artikel dari koran dan internet
Gambar, foto, CD,
Masyarakat setempat
|
Mengetahui,
Kepala SMAN 2 Banjarbaru
( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd ) NIP. 19591205 198603 1 014 |
Banjarbaru,18 Juli 2011
Guru mapel Sosiologi
( Diana andayani,S.Pd ) NIP.19771020 200701 2 020 |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Banjarbaru
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XI/Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua )
Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam dampak masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi pokok/ pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Waktu |
Sumber/bahan/alat |
||
Teknik |
Bentuk |
Contoh Instrumen |
||||||||
2.1.Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural.
|
Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Bersahabat Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab
|
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
|
Penugasan
Test tertulis dan keberanian berbicara
Ulangan blok
|
Tugas individu
Tugas kelompok
Pilihan Ganda dan uraian. |
Wawancarailah tokoh masyarakat di tempat tinggalmu tentang budaya asli masyarakatmu! Kemudian buatlah dalam bentuk laporan.
Bagilah kelompok kemudian diskusikan masalah kebudayaan yang ada dalam buku halaman 128-129.
Pancasila termasuk dalam wujud kebudayaan….
Apa yang Anda ketahui tentang kebudayaan? |
9 jam
|
Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Suryawati (ESIS)
Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa
|
2.2.Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Bersahabat Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab
|
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
|
Penugasan
Test berbicara dan berargumentasi
Ulangan Blok
|
Tugas Individu
Tugas kelompok
Pilihan ganda dan uraian
|
Amatilah kelompok sosial dalam masyarakat di tempat tinggalmu kemudian buatlah sebuah laporan tentang kelompok masyarakat tersebut.
Buatlah kelompok kemudian diskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial!
Genosida merupakan contoh pola hubungan….
Apa yang dimaksud dengan kelompok sosial? |
9 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Suryawati dari (ESIS)
Artikel dari koran dan internet
Kamus Sosiologi
Masyarakat setempat
Data instansi/lembaga
|
2.3.Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Bersahabat Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab
|
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
Masyarakat Multikultural |
|
Penugasan
Penugasan
Test berbicara dan tertulis
Ulangan Blok
|
Portofolio
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Pilihan ganda dan uraian
|
Tulislah pendapatmu tentang masyarakat multikulturalisme kemudian kirimlah ke majalah sekolah, majalah remaja, atausuratkabar di daerahmu!
Rancanglah sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan penilaian Anda terhadap multikulturalisme!
Diskusikanlah artikel yang ada dalam buku halaman 172-173. Kemudian bacakan hasil diskusi di depan kelas.
Pluralisme berkaitan dengan prinsip-prinsip….
Bagaimana kebenaran dipahami dalam multikulturalisme?
|
9 jam
|
Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS)
Artikel dari koran dan internet
|
Mengetahui,
Kepala SMAN 2 Banjarbaru
( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd ) NIP. 19591205 198603 1 014 |
Banjarbaru,18 Juli 2011
Guru mapel Sosiologi
( Diana andayani,S.Pd ) NIP.19771020 200701 2 020 |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMAN 2 Banjarbaru
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XII/Ilmu Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi pokok/ pembelajaran |
Kegiatan Pembelaajran |
Penilaian |
Waktu |
Sumber/bahan/alat |
||
Teknik |
Bentuk |
Contoh Instrumen |
||||||||
1.1.Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.
|
Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
|
Test berbicara dan tertulis
Portofolio
Performance
Penugasan
|
Diskusi kelompok
Tugas individu
Tugas kelompok
Tugas Individu
|
Diskusikan kasus perubahan sosial dalam buku halaman 10.
Buatlah sebuah karangan tentang perubahan sosial dalam masyarakat tempat tinggalmu!
Potretlah perubahan sosial yang ada di sekitar lingkunganmu kemudian fotonya dipajangkan dalam pameran kelas.
Buatlah kliping tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat tempat tinggalmu!
|
9 jam
|
Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII Kun Maryati dan Juju Suryawati (ESIS)
Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
1.2.Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat. | Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Test tertulis dan berbicara
Portofolio
Penugasan
|
Diskusi kelompok
Tugas individu
Kliping
|
Diskusikan dampak perubahan sosial akibat modernisasi seperti dalam buku halaman 36 dan 40?
Buatlah sebuah karangan tentang tanggapan terhadap tantangan globalisasi yang terjadi dalam masyarakat.
Buatlah sebuah kliping tentang kasus-kasus yang menghambat terjadinya integrasi dalam masyarakat.
|
9 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Suryawati dari (ESIS)
Artikel dari koran dan internet
Kamus Sosiologi
Masyarakat setempat
Data instansi/lembaga
|
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Lembaga Sosial
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian
|
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
2.1 Menjelaskan hakekat lembaga sosial | LEMBAGA SOSIAL YANG TERDAPAT DI MASYARAKAT
Pengertian Lembaga Sosial Proses pembentukan lembaga sosial
|
Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Ulangan harian
Bentuk tagihan: performen Tugas kelompok Bentuk tagihan: Laporan tertulis Ulangan harian Bentuk tagihan: uraian bebas |
3 jam |
LKS.
|
2.2 Mengklasifikasi tipe-tipe lembaga sosial | TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL DI MASYARAKAT
Tipe lembaga sosial berdasarkan politik Tipe lembaga sosial berdasarkan ekonomi Tipe lembaga sosial berdasarkan budaya Tipe lembaga sosial berdasarkan hukum
|
Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Ulangan harian
Bentuk tagihan: Analisis kasus Tugas kelompok Bentuk tagihan: Laporan tertulis Tugas Kelompok Bentuk tagihan: Performen |
9 jam |
LKS.
|
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial | PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA SOSIAL
Peran lembaga sosial di masyarakat • Fungsi lembaga sosial di masyarakat
|
Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Ulangan harian
Bentuk tagihan ; Uraian bebas Tugas kelompok Bentuk tagihan: Laporan tertulis Tugas kelompok Bentuk tagihan: Portofolio Tugas kelompok Bentuk tagihan: Laporan tertulis |
3 jam |
|
Mengetahui,
Kepala SMAN 2 Banjarbaru
( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd ) NIP. 19591205 198603 1 014 |
Banjarbaru,18 Juli 2011
Guru mapel Sosiologi
( Diana Andayani,S.Pd ) NIP.19771020 200701 2 020 |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMAN 2 Banjarabaru
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XII/Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua )
Standar Kompetensi : Mempraktekkan metode penelitian sosial
Kompetensi Dasar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi pokok/ pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Waktu |
Sumber/bahan/alat |
||
Teknik |
Bentuk |
Contoh Instrumen |
||||||||
2.1.Merancang metode penelitian sosial secara sederhana.
|
Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Test tertulis dan latihan berbicara
Penugasan
|
Diskusi kelompok
Portofolio
|
Rumuskan secara kelompok untuk menentukan topik, perumusan masalah, dan menentukan sample serta data yang akan diperoleh.
Buatlah penelitian sendiri kemudian laporkan kepada guru dalma bentuk artikel atau tulisan.
|
6 jam
|
Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS)
Artikel, gambar, dari berbagai mediamassa
|
|
2.2.Melakukan penelitian sosial. | Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
|
Penugasan
Performance
Test tertulis dan berbicara |
Tugas individu
Tugas kelompok
Diskusi kelompok |
Buatlah angket, dan pertanyaan untuk wawancara untuk mendapatkan data yang dipakai untuk penelitian.
Buatlah laporan kepustakaan, angket, observasi dan wawancara.
Diskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 139
|
9 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII Kun Maryati dan Juju Surayawati ESIS
Artikel dari koran dan internet |
2.3.Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana. | Toleransi
Disiplin Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli Lingkungan Peduli social Tanggung Jawab |
Kepemimpinan
Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet |
|
|
Test tertulis dan performance
Ulangan Blok
|
Tugas kelompok
Pilihan ganda dan uraian
|
Laporkan hasil laporan tentang penelitian sosial yang telah kamu lakukan di depan kelas!
Daftar bacaan, contoh-contoh format, foto, atua dokumen diletakkan pada….
Mengapa kita harus menjaga tata tertib dalam diskusi? |
9 jam
|
Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS)
|
Mengetahui,
Kepala SMAN 2 Banjarbaru
( Drs. H. Khairil Anwar,M.Pd ) NIP. 19591205 198603 1 014 |
Banjarbaru,18 Juli 2011
Guru mapel Sosiologi
( Diana andayani,S.Pd ) NIP.19771020 200701 2 020 |